IT PENS 2024. Mata kuliah Workshop Desain Pengalaman Pengguna dengan dosen pengampu Andhik Ampuh Yunanto, S.Kom, M.Kom mengadakan kegiatan Praktisi Mengajar dengan tema Desain Pengalaman Pengguna. Kegiatan praktisi mengajar ini bertujuan untuk memberikan wawasan mahasiswa khususnya mahasiswa Program Studi Teknik Informatika mengenai pentingnya UX dalam pengembangan produk digital.

Acara ini diadakan pada setiap pekan sekali mulai tanggal 17 April sampai 22 Mei 2024 dengan narasumber Iswahyudi, S.Kom РSenior Backend Engineer РStockbit.com.

Praktisi tersebut, yang memiliki pengalaman luas dalam industri teknologi, memulai workshop dengan memperkenalkan konsep dasar tentang UX, termasuk metodologi desain berorientasi pengguna, penelitian pengguna, serta teknik prototyping dan pengujian.

“Saat ini, desain pengalaman pengguna bukan lagi sekadar estetika, tetapi juga tentang memahami kebutuhan pengguna dan menciptakan solusi yang intuitif dan mudah digunakan,” kata praktisi tersebut dalam sambutannya.

Peserta workshop, yang terdiri dari mahasiswa Program Studi Teknik Informatika di PENS, aktif terlibat dalam sesi diskusi dan praktik langsung untuk merancang pengalaman pengguna yang efektif. Mereka belajar cara mengidentifikasi tantangan dan peluang dalam mendesain interaksi pengguna yang menginspirasi, serta mempraktikkan penggunaan alat dan teknik terbaru dalam industri desain.

Workshop ini tidak hanya memberikan pemahaman teoritis tentang prinsip-prinsip UX, tetapi juga mengembangkan keterampilan praktis yang diperlukan untuk menjadi desainer pengalaman pengguna yang kompeten di era digital yang terus berkembang.

Diharapkan bahwa pengalaman ini akan memberi mahasiswa Program Studi Teknik Informatika PENS fondasi yang kokoh dalam merancang produk digital yang memenuhi ekspektasi pengguna modern, serta mendorong mereka untuk menjelajahi dan mengembangkan potensi mereka dalam industri desain yang dinamis.